You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsari
Desa Mekarsari

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MEKARSARI KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG ||

PELATIHAN KADER POSYANDU BERBASIS ONLINE

admin desa 14 September 2023 Dibaca 121 Kali
PELATIHAN KADER POSYANDU BERBASIS ONLINE

Dengan perkembangan zaman yang semakin digitalisasi, maka setiap lembaga mengharuskan mengikuti perkembangan tersebut. Pemerintahan Desa pun tak kalah pentingnya harus mengikuti e-Goverment. Lembaga yang ada di Pemerintahan Desa, salah satunya yaitu Posyandu.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Dengan adanya digitalisasi dalam Pemerintahan, Pemerintah pun melakukan digitalisasi terhadap Posyandu dengan diluncurkannya Aplikasi Posyandu yaitu e-Posyandu. e-Posyandu merupakan Aplikasi berbasis web dan smartphone yang berisi pengelolaan data kader, pengelolaan data balita, data sarana posyandu. Setelah dilakukan sinkronisasi maka akan dapat terlihat data tersebut dalam bentuk Raport dari posyandu.

Peningkatan keterampilan para kader di Desa Mekarsari ini, utamanya dalam penggunaan aplikasi didampingi oleh Tim Kecamatan Ciparay yang menjadi Narasumbernya adalah Ibu Hema Malini, S.E.

Pelatihan dilakukan secara tatap muka di Rumah Makan Kampala, Palawija Desa Mekarsari Kecamatan Ciparay. Materi pelatihan yang diberikan oleh Tim Pengabdian Masyarakat tersebut meliputi pengenalan dan workshop aplikasi yang diikuti oleh 48 orang kader Posyandu di Desa Mekarsari. 

“Pelatihan e-posyandu ini semoga dapat membantu dan memberikan manfaat kepada para kader dalam melaksanakan tugasnya untuk mengisi data bayi dan balita” papar Bapak Rudy Karyana selaku Pokjanal Desa Mekarsari Kecamatan Ciparay.

Kepala Desa Mekarsari, Bapak Sukamto Wijaya pun mendukung dengan adanya pelatihan kader posyandu berbasis online ini memudahkan Pokjanal Desa dalam mengawasi kegiatan posyandu sehingga dapat menunjang penyelenggaraan pemerintahan Desa Mekarsari yang lebih maju. 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image