You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsari
Desa Mekarsari

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA MEKARSARI KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG ||

REMBUG STUNTING DESA MEKARSARI KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG

admin desa 11 Mei 2023 Dibaca 149 Kali
REMBUG STUNTING DESA MEKARSARI KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG

Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, dengan komitmennya yang kuat untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan, telah mengidentifikasi stunting sebagai salah satu masalah utama yang perlu ditangani secara serius. Rembug Stunting di Desa Mekarsari merupakan sebuah forum partisipatif yang melibatkan pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga pendidikan, kader kesehatan, serta warga desa secara umum. Tujuan utamanya adalah untuk mendiskusikan permasalahan stunting yang ada di Desa Mekarsari, mengidentifikasi penyebab-penyebabnya, dan merumuskan langkah-langkah konkret yang akan diambil dalam RKPDes tahun 2024.

Apa itu Stunting dan Mengapa Itu Penting?

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak yang ditandai dengan pertumbuhan tubuh yang terhambat secara kronis akibat kekurangan gizi dan perawatan yang buruk pada periode 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu mulai dari masa kehamilan hingga usia 2 tahun. Dampak stunting pada anak-anak tidak hanya terbatas pada keterbatasan pertumbuhan fisik, tetapi juga berdampak buruk pada perkembangan kognitif, kecerdasan, dan kesehatan secara keseluruhan.

Mengatasi stunting sangat penting bagi pembangunan manusia dan pembangunan suatu negara secara keseluruhan. Stunting dapat menghambat potensi dan produktivitas individu di masa depan serta mempengaruhi kemampuan mereka untuk berkontribusi dalam masyarakat. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi prioritas penting dalam penyusunan RKPDes Desa Mekarsari Tahun 2024.

Acara Ini Juga Dihadiri Oleh Muspika Kecamatan Ciparay, Ketua BPD Desa Mekarsari, Kepala Desa Mekarsari serta Perangkat Desa Mekarsari, Pendamping Lokal Desa Beserta Pendamping Kecamatan Ciparay, Kepala UPTD KB Ciparay, Kepala Puskesmas Ciparay bersama team, Bidan Desa, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Ciparay, Ketua TP Desa Mekarsari bersama pengurusnya, Kader Pembangunan Manusia (KPM) Desa Mekarsari, Ketua RW se-Desa Mekarsari, dan Kader Posyandu Desa Mekarsari.

Kepala Desa Mekarsari menyampaikan Peran bidan desa, pengurus posyandu, dan pelayanan kesehatan di Desa Mekarsari sangat penting dalam mencegah dan menangani stunting. Diskusi berfokus pada langkah-langkah untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, termasuk pemeriksaan kehamilan dan perawatan anak balita.

Melalui Rembug Stunting ini, Desa Mekarsari Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung menunjukkan komitmen yang kuat dalam menghadapi masalah stunting dan mencari solusi yang berkelanjutan. Dengan melibatkan berbagai pihak terkait, diharapkan RKPDes tahun 2024 akan mengimplementasikan langkah-langkah strategis yang efektif dalam pencegahan dan penanggulangan stunting di Desa Mekarsari.

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image